8 tahun Jadi Franchisee, Kini Sukses Bangun Sekolah dengan Metode Montessori

Puas dengan sistem pendidikan yang diterapkan sekolah tempat anaknya menuntut ilmu, membuat Henni Norita, M.Psi ingin menularkan hal serupa kepada orang tua yang memiliki anak aktif lainnya. Karena itu, dengan pengalaman 8 tahun menjadi mitra salah satu franchise sekolah asal luar negeri dan mengambil spesialisasi pendidikan Montessori di Singapura, wanita yang akrab disapa Henni ini membangun sekolah Hikari Montessori School dengan metode serupa di tahun 2008. Seperti apa wanita yang juga psikolog ini membangun sekolahnya?

Awal Mula Sekolah Hikari Montessori School

Usia 0-6 tahun merupakan usia keemasan bagi seorang anak. Karena itu, diperlukan pendidikan yang tepat agar mereka bisa mendapatkan fondasi yang kuat sebagai bekal masa depannya. Apalagi jika anak memiliki tingkat keaktifan yang tinggi, pastinya metode pendidikan khusus diperlukan agar mereka bisa menyerap ilmu yang diberikan.

Pengalaman memberikan pendidikan berkualitas kepada anak yang aktif, ternyata memberikan ide tersendiri bagi Henni Norita, M.Psi. Puas dengan pendidikan yang diberikan sekolah pada buah hatinya, membuat wanita yang akrab disapa Henni ini ingin berbagi dengan orang disekitarnya melalui sekolah dengan metode Montessori pada 2008 lalu. “Saya ingin banyak orangtua yang memiliki anak aktif seperti saya, mereka mendapatkan pendidikan yang tepat, karena itu saya membuka sekolah Hikari ini,” jelasnya.

Karena tidak memiliki pengalaman di bisnis pendidikan, wanita yang juga psikolog ini memutuskan untuk menjadi mitra/franchisee salah satu sekolah anak dari luar negeri. Sekitar 8 tahun, Henni mendapatkan berbagai pelajaran dalam mengelola bisnis pendidikan. Selain itu, untuk lebih memperdalam ilmunya, ia juga mengambil spesialisasi pendidikan Montessori di negara tetangga Singapura. “Karena kesibukan saya bolak-balik Jakarta-Singapore, sehingga sekolah tidak kepegang, makanya saya memutuskan untuk mengakhiri kerjasama tersebut,” ungkapnya.

Paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun bagi Henni untuk bisa mendalami metode Montessori ini. Selain belajar teori, Henni juga diharuskan mengajar untuk mendalami metode tersebut. “Saya 2004 ambil sekolah Montessori hingga mendapatkan sertifikat, selain itu saya juga kerap mengikuti berbagai seminar untuk memperdalam ilmu yang saya miliki,” jelasnya.

8 tahun Jadi Franchisee, Kini Sukses Bangun Sekolah dengan Metode Montessori

Setelah dirasa memiliki bekal yang cukup, di tahun 2008 Henni memutuskan untuk membangun usaha sekolahnya. Dibantu adik tercinta yang bertugas melakukan berbagai persiapan mulai dari tempat hingga promosi, Hikari yang dalam bahasa Jepang berarti sinar matahari pagi berdiri di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Hikari Terapkan Metode Montessori

Dari berbagai metode pendidikan yang ada, wanita berhijab ini memilih metode Montessori sebagai dasar pendidikan yang digunakan. Mungkin metode yang lebih mengedepankan sistem rangsang kepada 5 panca indra ini masih asing di tanah air, namun dengan konsep ABC (Ability, Balancing, Coordination) yang efektif untuk membuat anak cepat memahami yang diajarkan ini sudah menjadi metode yang lumrah di Singapura.

Metode Montessori penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru. Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktek. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep yang diterapkan.

Sekolah yang dibuka untuk anak usia 2 sampai 6 tahun ini, mencoba menawarkan sistem belajar sambil bermain. Dengan menggunakan berbagai alat bantu pengajaran berkualitas diharapkan area sensori dari 5 panca indra bisa terlatih dengan baik. “Kita memang sistem belajarnya seperti bermain yang membuat anak tidak bosan sehingga bisa menangkap apa yang diajarkan,” ujarnya.

Selain itu di Hikari juga diperkenalkan disiplin ilmu lain seperti matematikan, biologi hingga geografi. Bahkan untuk bahasa, Henni mengatakan Hikari mengajarkan bahasa Inggris dan Bahasa Jepang pada para muridnya. Khusus untuk Jepang, juga diajarkan beberapa kebudayaan Jepang yang sangat membantu melatih motorik anak. “Dengan penggunaan bahasa asing tersebut diharapkan pada usia 4 tahun siswa sudah bisa menggunakan bahasa dua arah,” tambahnya.

Untuk kelas pre-school yaitu usia 2-4 tahun hanya belajar 3 kali seminggu mulai dari pukul 9-11, sedangkan untuk kelas TK yaitu usia 4-6 tahun belajar 5 kali seminggu mulai pukul 9-12. “Biaya bulanannya untuk pre-school Rp 800 ribu dan untuk TK sebesar Rp 1 juta, kita juga ada biaya untuk melakukan kegiatan diluar sekolah seperti berenang memasak dan lain sebagainya,” terang Henni.

Selama menuntut ilmu di Hikari, orangtua akan mendapatkan report 3 bulan sekali. Dalam report tersebut, orangtua akan mendapatkan laporan perkembangan buah hati. Selain itu untuk lebih melatih percaya diri setiap tahunnya diadakan graduation di luar sekolah yang dihadiri bukan hanya orangtua, bahkan juga anak yatim untuk bisa saling berbagi.

Sadar kualitas pengajar menjadi ujung tombak bisnisnya, Henni tidak mau main-main. Apalagi dengan keinginan menghasilkan lulusan yang bisa berkompetisi di masa depan sderta bisa menggali keahlian para siswa, semua pengajar di Hikari berpengalaman di bidangnya. Bukan syarat minimal para pengajar harus memiliki nilai TOEFL minimal 500 untuk guru TK, bahkan ada pengajar yang merupakan Magister dari Sarjana Pendidikan. “Kita juga menyiapkan terapis yang sesuai dengan kebutuhan para siswa,” ujarnya.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, terutama dalam metode pendidikannya, membuat Hikari tak pernah sepi. Bahkan pernah mencapai 80 orang siswa untuk setiap periode pengajaran yang dilakukan.

Walaupun memiliki kendala dalam hal persaingan usaha namun, dengan kecintaannya pada dunia pendidikan tidak membuat Henni menyerah. Kuncinya ialah hanya dengan mempertahankan kualitas pengajaran metode Montesari dan selalu terjun langsung untuk mengontrol usaha membuat Hikari terus berkembang seperti sekarang.

Info lebih lanjut mengenai usaha pendidikan ini, hubungi:

Hikari Montessori School
Jl.Bintaro Utama 9 HB 19 No.15-19
Sektor 9 Bintaro Jaya, Jakarta Selatan
T. (021) 56134599
HP. (021) 0811 88 90 99
Website: http://hikarimontessori.blogspot.co.id

Baca juga:

Leave a Reply