7 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe, Modal Kecil Untung Jutaan & Menjanjikan

Ingin membuka bisnis dengan modal kecil? Bisnis mini cafe adalah salah satu solusinya. Bisnis ini dikenal sebagai salah satu bisnis modal kecil yang mempunyai peluang cukup bagus. Mini cafe merupakan konsep dari bisnis kuliner dengan nuansa yang terkesan mewah tapi murah.

Tempat yang cukup sederhana serta penyajian menu yang khas ala cafe menjadi alasan bagi para pelanggan untuk singgah kembali berkuliner di mini cafe. Meskipun bisnis ini cukup sederhana dan termasuk dalam bisnis modal kecil, namun bisnis ini bisa meraup keuntungan yang cukup besar dan tentunya sangat menjanjikan.

Tips Sukses Bisnis Mini Cafe

Nah, jika Anda ingin mencoba bisnis modal kecil ini maka berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan.

1. Menentukan target pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah target pasar yang akan dituju pada bisnis mini cafe ini. Kemudian membidik middle end, low end ataupun high end itu terserah anda selaku pelaku bisnis. Yang terpenting di sini adalah target pasar yang Anda bidik dapat tepat sesuai sasarannya.

2. Pemilihan lokasi usaha

Tips sukses yang kedua dalam menjalankan bisnis mini cafe ini adalah memilih tempat yang strategis sehingga dapat diketahui oleh banyak orang. Dengan tempat yang strategis maka bisnis ini dapat berjalan dengan maksimal dan mendatangkan banyak pelanggan dengan mudah. Misalnya saja di sekitar area kampus, pasar, pabrik dan lain sebagainya.

7 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe, Modal Kecil Untung Jutaan & Menjanjikan

3. Sewalah tempat yang harganya gak bikin kantong merana

Salah satu pos dana terbesar saat merancang bisnis mini cafe adalah menyewa tempat. Apalagi untuk anda pengusaha pemula yang memiliki modal ala kadarnya, permasalahan sewa space ini pasti sudah cukup memusingkan kepala.

Anda dapat menggunakan rumah sendiri, rumah partner bisnis, atau mungkin rumah orang lain (jika memang ada) untuk menjadi lapak kafe Anda sementara. Biasanya harga sewa teras atau paviliun tidaklah semahal merental kios atau ruko. Cara lainnya bisa juga dengan memanfaatkan taman rumah untuk kamu jadikan kafe. Kamu bisa menggunakan kafe dengan konsep outdoor yang menarik. Jadi selain bisa menekan biaya sewa, menggunakan teras/paviliun/taman rumah justru bisa menambah keunikan dari kafemu tersebut.

4. Memperhatikan infrastruktur

Dalam menjalankan bisnis mini cafe perlu diperhatikan infrastruktur tentang air dan akses listrik yang mudah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan bisnis ini.

5. Mencari tenaga kerja (karyawan)

Dalam mencari karyawan untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini, pilihlah orang yang ramah dan supel sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk setiap pelanggan yang datang ke mini cafe Anda. Dengan pelayanan yang baik dan juga ramah maka para pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat datang untuk berkuliner di mini cafe Anda.

6. Fasilitas Pendukung

Jika memiliki modal usaha yang lebih maka tidak ada salahnya jika Anda menambah sebuah fasilitas seperti WiFi. Dengan adanya fasilitas WiFi di mini cafe Anda, maka pelanggan yang datang ke cafe Anda tidak hanya anak muda saja, namun orang dewasa bahkan kaum wanita juga akan singgah sebab saat ini internet sekarang ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi orang banyak.

7. Pelayanan Terbaik

Dengan pelayanan yang baik dan ramah, tentunya pelanggan akan merasa nyaman berada di mini cafe milik Anda. Mereka secara tidak langsung akan merekomendasikan mini cafe Anda pada teman-teman atau orang terdekat mereka sebagai tempat berkumpul atau nongkrong yang menyenangkan. Dengan demikian penghasilan yang Anda dapatkan akan semakin meningkat.

Bisnis modal kecil yang mendatangkan keuntungan jutaan ini memang sudah banyak dilakukan di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Selain fleksibel, bisnis mini cafe modal kecil ini juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam menu yang disajikan maupun desain tempatnya. Jika anda tertarik memulai bisnis ini, maka cobalah. Salam Sukses!

Baca juga:

Leave a Reply