3 Tips / Kiat Usaha Agar Sukses Berbisnis Kue Kering

Menjelang hari raya Idul Fitri memang saat yang tepat untuk menjalankan usaha kue kering. Pasalnya kue kering telah menjadi menu wajib saat Lebaran. Ditambah dengan kebiasaan ngemil yang ada di masyarakat membuat usaha kue kering semakin prospektif untuk dijalankan.

3 Tips / Kiat Usaha Agar Sukses Berbisnis Kue Kering

Namun bagi pelaku usaha kue kering yang wajib diperhatikan adalah bagaimana cara mengemas kue kering agar dapat menarik pelanggan, serta jeli membidik segmentasi pasar yang tepat. Pasalnya kue kering bukanlah barang baru bagi masyarakat dan telah ada sejak dulu. Bedanya jika dulu kue kering dipasarkan secara tradisional, kini banyak pelaku usaha kue kering yang menyasar segmentasi menengah atas dengan membuka gerai di mal kelas premium. Maka sebelum menentukan terjun ke usaha kue kering, selain kualitas arasa yang lezat ada tiga langkah yang harus diperhatikan.

1. Pangsa Pasar

Tentukan segmentasi pasar yang hendak dituju apakah menengah atas atau menengah ke bawah. Dengan menentukan segmentasi pasar terlebih dahulu maka dapat diputuskan apakah perlu membuka gerai atau tidak, serta menentukan lokasi bila hendak membuka outlet. Bagi yang menyasar segment menengah atas ada baiknya membuka outlet agar terlihat menarik, namun bila menyasar segment menengah bawah bisa membuka online shop.

2. Kemasan

Setelah menentukan segmentasi pasar maka dapat ditentukan bagaimana kemasan produk yang tepat untuk segmen tersebut. Jika menyasar segmen menengah atas, tentunya kemasan yang digunakan harus eksklusif dan menarik. Kemasan yang menarik dapat meningkatkan harga jual di mata pelanggan. Sedangkan bila membidik segmen menengah ke bawah bisa menggunakan kemasan yang lebih praktis namun tetap terjaga kebersihannya agar dapat menekan harga jual.

3. Inovasi

Selalu lakukan inovasi baik dari segi rasa maupun kemasan agar pelanggan tidak cepat merasa bosan. Usahakan selalu mengeluarkan varian menu baru secara berkala minimal setiap 3 bulan sekali. Pelaku usaha kue kering juga dapat membuat kemasan dalam bentuk parcel yang berisi aneka macam kue kering. Selain terlihat lebih menarik, dengan kemasan parcel Anda bisa menjual lebih banyak kue kering dalam satu waktu.

Semoga informasi tentang “Tiga Kunci Sukses Agar Sukses Berbisnis Kue Kering” bisa bermanfaat. Sukses selalu dalam bisnis Anda.

Baca juga:

Leave a Reply